Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk merupakan sebuah obyek wisata pantai yang terletak di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah pantai eksotik yang terletak 22 km sebelah selatan Gombong. Jika anda berasal dari arah kota Kebumen maka jarak yang ditempuh sekitar 50 km dan 35 km dari Karanganyar.

Pantai Suwuk menyuguhkan pemandangan padang pasir pantai yang luas disertai tanaman pandan dan rerumputan. Pemandangan pengunungan kapur disebelah barat dan utara menjadi panorama yang menarik. Bibir pantai yang curam dengan kemiringan 35 derajat menambah keelokan pantai ini. Anda dihimbau untuk tidak berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas bahkan lebih besar dari ombak di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.
pantai suwuk

Keindahan Pantai Suwuk
Pantai Suwuk pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kebumen. Pemandangan pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara sampai selatan, dan berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong. Alangkah lebih baik jika Anda menyewa seekor kuda untuk menyisir keindahan Pantai Suwuk ini. Dengan biaya sewa Rp.10.000/anak, atau Rp.15.000 jika dinaiki dua anak.

Pantai Suwuk memiliki pasir berwarna hitam. Area pantai yang cukup luas justru membuat pasir-pasir hitam tersebut terlihat seperti padang pasir yang membuat pantai ini menjadi unik. Anda bisa memanfaatkan bibir pantai yang luas itu untuk melakukan berbagai kegiatan seperti main bola, kejar-kejaran.

Anda juga dapat menyusuri Sungai Telomoyo yang bermuara di Muara Suwuk, memisahkan Pantai Suwuk dengan Pantai Karangbolong. Anda dapat menggunakan perahu yang disewa untuk menyusur Sungai Telomoyo. Perjalanan menyusuri Sungai Telomoyo dari Muara Suwuk arah ke hilir sangat mengasyikan. Anda akan disuguhi pemandangan bukit-bukit indah menyerupai pegunungan. Dan jika anda bisa menyempatkan diri bersantai di pinggir sungai ini, anda akan disuguhi pemandangan laut dan pantai yang mempesona, pegunungan yang indah dan pemandangan muara sungai yang khas.

Di pantai Suwuk juga terdapat beberapa wahana permainan. Wahana permainan yang ada antara kolam renang, mandi bola, dan tempat pemancingan. Selain wahana permainan juga terdapat kebun binatang, hewan-hewan yang ada antara lain rusa, musang, angsa, kanguru dan monyet. Walaupun belum selengkap kebun binatang lain, tetapi setidaknya keberadaannya membawa atmosfir yang berbeda di pantai ini. Kebun binatang ini sangat menarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Terdapat eks Pesawat Garuda Boeing 737 yang dapat dinikmati pengunjung. Untuk menarik minat wisatawan maka dinas Pariwisata mendatangkan Pesawat Boeing 737 buatan tahun 1986 dan heli C100 buatan tahun 1987 untuk melengkapi kepuasan para Wisatawan. Keberadaan pesawat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Suwuk, terutama anak-anak.

Di sisi kanan Pantai Suwuk terlihat warung berjejer sejajar pantai hingga sampai ke ujung yang jaraknya sekitar 400 meter. Usai lelah dan puas menikmati pantai, hal menarik lainnya adalah kita dapat menikmati suasana santai dengan beberapa sajian makanan khas yang ada di warung-warung sepanjang pantai. Anda dapat menikmati pecel dan lontong, es kelapa hijau, jangan lupa pula peyek ubur-ubur dan berbagai jenis peyek lainnya.

Beberapa fasilitas pendukung lain yang ada di Pantai Suwuk diantaranya adalah Masjid al Mutaqien sebagai tempat ibadah bagi yang beragama Islam. Beberapa toko Souvenis khas pantai Suwuk, warung penjual jajanan khas Kebumen, dan toilet umum

Akses Menuju Pantai Suwuk
Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Pantai Suwuk dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit dari kota Gombong, dan dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dari Karanganyar. Jika dari Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju Pantai Suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalur selatan Jawa dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk.

Setelah membayar tiket masuk ke Pantai Suwuk Kebumen sebesar Rp.3.500/orang untuk dewasa dan Rp.2,500/orang untuk anak 5 tahun ke bawah Anda dapat menikmati keindahan Pantai Suwuk.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !