Kebun Strawberry Petik Sendiri di Purbalingga

Kebun Srawberry terletak di sisi timur kaki gunung slamet tepatnya di Pratin, Desa Serang, Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Purbalingga. Kabupaten Purbalingga tidak hanya identik dengan obyek wisata Owabong saja. Namun ada yang lebih menarik untuk Anda kunjungi yaitu Agrowisata kebun strawberry. Daerah ini terletak di lereng gunung Slamet dengan hawa yang sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Salah satu daya tarik dari lokasi obyek wisata ini adalah adanya fasilitas petik sendiri langsung di lokasi perkebunan. Pengunjung bisa memetik dan menikmati strawberry langsung dari kebun sambil menikmati pemandangan alam. Namun sayangnya, Anda tidak diperbolehkan membawa strawberry keluar dari kebun. Jika Anda berminat membeli strawberry, Anda bisa membeli di lokasi yang sudah disediakan.

Di dalam kebun, pengunjung dapat memetik sendiri buah strawberry yang ada. Namun tidak disarankan untuk dimakan langsung melainkan harus dicuci terlebih dahulu. Pengunjung yang akan memetik buah dapat membawa keranjang plastik untuk menampung buah yang diinginkan. Setiap petani kadang memiliki persediaan buah strawberry dari kebun lain. Jadi kalau kebun yang didatangi pengunjung sedang belum banyak berbuah, pengunjung masih dapat berkesempatan menikmati buah strawberry segar ini. Jangan khawatir, walaupun sedang tidak musim buah persediaan strawberry tetap ada walaupun mungkin buah tersebut bukan berasal dari kebun tersebut.

Musim Strawberry
Sebaiknya Anda berkunjung ke Agrowista ini pada sekitar bulan Juni, Juli, Agustus. Saat itulah strawberry sedang berbuah maksimal. Walaupun setiap tahunnya tanaman strobery hanya melakukan 1 kali pergantian tanaman, yaitu pada bulan Januari umumnya, dan pada bulan Maret sudah berbuah, dan akan berbuah terus sampai pada bulan Desember.
strawberry

Tidak hanya Stroberi wisatawan dapat membeli sayur mayur seperti: kobis, bunga kol, muncang/daun bawang, wortel, welok, sawi, dan masih banyak yang lainnya. Cuaca memang panas, tapi suhu tak lebih dari 28 derajat, itu yang membuat wisatawan nyaman berada berlama-lama di kebun ini. Suasananya tenang, akses jalan lancar beraspal, dan udaranya sangat sejuk khas pegunungan.

Seperti diketahui bahwa daerah ini juga merupakan pemasok bahan sayur mayur bagi daerah Banyumas dan sekitarnya termasuk ke daerah pantura sekitar Tegal dan Pekalongan. Di kebun ini pengunjung dapat melihat suasana kebun sayur dan diperbolehkan memetik sendiri sayur yang diinginkan untuk dibawa pulang. Harga sayur di sini jelas jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan harga di pasar. Bagi para pedagang besar biasanya membeli dengan cara grosiran.

Bagi yang ingin membawa sebagai oleh-oleh juga disediakan buah strawbery yang dijual per kilo, namun sebagian besar dijual per kemasan plastik yang berisikan buah strawberry sebanyak 20 buah. Buah yang dikemas ini telah dipotong dari daun dan telah dibersihkan sehingga siap untuk dimakan. Harga buah strawberry di sini kadang relatif tidak jauh berbeda dengan harga yang dipasarkan di supermarket, namun di sini pengunjung dapat keistimewaan dengan melihat atau memetik sendiri buah yang diinginkan.

Meluangkan waktu di lokasi ini dapat berlangsung lama. Tiga jam juga sudah cukup untuk berjalan-jalan di lingkungan kebun yang sangat asri. Selain itu keramahan penduduk juga membuat kita betah di daerah sana. Tetapi jika diinginkan lebih lama lagi menikmati suasana yang ada atau ingin menghabiskan waktu liburan maka di lokasi ini juga tersedia beberapa rumah yang dapat disewa.

Pemandangan alamnya sungguh cantik.
Di beberapa halaman rumah penduduk sering terlihat banyak pohon bunga beraneka warna yang khas daerah pegunungan. Bunga yang paling menarik perhatian antara lain bunga kecubung dan bunga dahlia. Selain itu masih banyak bunga perdu yang khas seperti bunga tiga warna, bunga semak berwarna merah, gladiol dan aneka jenis bunga lainnya.

Bunga kecubung merupakan bunga dari tanaman kecubung dengan ketinggian sekitar 1-2 meter. Bunga yang berwarna jingga muda ini banyak terlihat menggantung di tangkai pohon. Bagi orang tertentu sering memanfaatkan biji kecubung ini untuk disalahgunakan sebagai bahan yang bersifat halusinogenik. Hanya memang dosisnya rendah sehingga tidak banyak yang melakukannya.

Bunga lain yang menarik adalah bunga dahlia. Bunga ini sangat banyak jenisnya ada yang tumpuk ada yang tunggal, ada yang berukuran kecil ada yang besar. Warna bunga dahlia juga beraneka macam seperti putih, merah, biru, kuning, ungu, pink dan lain-lain. Bunga ini sebenarnya mudah diperbanyak dengan menggunakan umbi akarnya, namun hanya bisa tumbuh kalau ditanam di daerah dengan ketinggian di atas 1000 meter dan daerah berhawa dingin saja.

Menuju ke Lokasi kebun Strawberry
Untuk menuju kebun strawberry ini tidaklah susah, terlebih jika Anda memiliki kendaraan sendiri. Dari Owabong, arahkan kendaraan Anda sekitar 5 km ke arah Mrebet. Pertigaan terakhir sebelum Pom bensin, Anda akan melihat papan selamat datang ke lokasi Wana Wisata dan kebun Strawberry. Selanjutnya, ikuti jalan tersebut sampai ke lokasi tujuan.

Jarak dari Purbalingga sekitar 25 kilometer menggunakan jalan aspal hotmix tetapi sempit dan menanjak. Jalur yang berkelok-kelok dengan pemandangan alam desa yang sangat indah. Anda dapat mengambil jalur ke Purbalingga dengan melewati Kecamatan Mrebet untuk bisa sampai ke Serang atau Kutabawa sebagai ibukota Kecamatan Karangareja. Selain itu, anda juga dapat melewati jalan ke arah Gua Lawa karena tempatnya yang berada di atas gua ini.

Jika anda datang dari kota Purwokerto Anda dapat menempuh jalur Sokaraja-Purbalingga-Mrebet-Karangreja. Jika Anda berada di Lokawisata Baturaden Anda bisa melalui rute utara Baturaden-Limpakuwus tapi rute ini sangat sepi karena memang bukan jalur umum.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !