Obyek Wisata Bojongsari Purbalingga

Obyek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah. Sebelum di bangun Owabong, tempat ini juga tempat pemandian ( kolam renang ) namanya Kolam Renang Bojongsari.

Tempat rekreasi ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan pengunjung wisata terbanyak dari Gubernur Jateng pada Visit Jawa Tengah 2013, serta peringkat satu untuk kategori wahana air (water park) dan tematik (theme park) dalam penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014, yang diselenggarakan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf.

Sejarah Singkat
Berawal dari sebuah kolam renang pribadi yang dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946, kemudian diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004 dibeli oleh PEMDA kabupaten Purbalingga yang akhirnya membangunnya sebagai sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 Ha dari sebelumnya yang hanya 1 Ha saja hingga selesai dan diresmikan pada 1 Maret 2005.
owabong
Dahulu Owabong merupakan objek wisata air yang tidak terawat, namun kini semakin cantik plus segala fasilitas yang membuat betah pengunjung. Owabong menawarkan aneka pemandangan alam, kesegaran air tawar, dan aneka permainan menarik yang pasti sangat disukai seluruh keluarga. Owabong juga sering disebut Owabong Water Park, semacam water boom namun air yang ada dalam kolam-kolam di Owabong ini asli dari alam. Owabong menggambil air dari mata air pegunungan, yaitu mata air Cidandang, Cipawon dan Cikupel dengan debit air yang sangat melimpah dan jernih. Pepohonan rindang, suasana yang teduh, udara sejuk dan ikan-ikan air tawar berenang di kolam mata air. Sistem pengairan disini terus mengalir dari hulu ke hilir, jadi airnya akan selalu bersih dan segar.

Wahana Permainan Owabong
Jika anda berkunjung ke Owabong pada saat musim liburan dan lebaran, pengunjungnya dapat mencapai ribuan orang. Tempatnya yang dekat dengan lokasi pegunungan juga membuat pemandangan di sekitar Owabong menjadi sangat rindang dan asri. Selain keasrian dan kerindangan tersebut Owabong juga menawarkan aneka wahana permainan. Beberapa wahana permainan yang ada di Owabong antara lain sebagai berikut.
  1. Kolam Olympic. Kolam Olympic ini berstandar internasional yang memiliki ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm. Dengan air segar yang berasal dari alam anda dapat berenang dengan bebas.
  2. Papan luncur, WaterBoom. Waterboom ini memiliki ketinggian 13 meter. Dan yang paling tinggi di Jawa Tengah.
  3. Flying Fox. Pacu adrenalin Anda dengan terbang melintasi pantai bebas tsunami. Jangan takut, jika ini pertama kali bagi anda, 2 orang petugas sudah siap membantu anda di kolam bebas tsunami. Alat keselamatan juga wajib dipakai sebelum anda memulai permainan ini.
  4. Kolam sesat. Kolam Sesat merupakan kolam yang berisi air dingin yang digunakan untuk bermain jungkat-jungkit air (Sea Saw) dan Water Ball. Sebuah balon besar akan disediakan dengan suplai udara yang cukup. Pengunjung yang tertarik bisa masuk ke dalam balon besar itu dan menikmati sensasinya. Ada lagi yang namanya sea saw, ajak teman-teman lainnya dan bisa saling menjungkat-jangkit sebuah karet besar dan panjang, kaya perahu karet.
  5. Pantai Bebas Tsunami. Owabong juga mengenalkan pantai bebas tsunami. Walaupun hanya sekedar kolam luas dengan limpahan air yang sangat sejuk dan dingin. Di hari minggu atau hari-hari libur nasional, rasakan meriahnya acara bagi-bagi hadiah dari pengelola owabong. 
  6. Kolam Pesta Air. Wahana ini disebut juga dengan Istana air. Sebuah wahana air yang dipadukan dengan arena bermain anak-anak, hujan-hujanan, luncuran, dan dapat dipakai untuk terapi air
  7. Kolam Akhir. Kolam ini merupakan kolam yang diatasnya ada ember tumpah. Kolam ini juga dilengkapi dengan Trampolin dan Big Pillow (Bantal Besar). Anda bisa melompat dari ketinggian dan menjatuhkan diri anda ke sebuah bantal berukuran besar.
  8. Kanal Arus. Anda dapat menikmati dunia petualangan air dengan berpetualang melintasi kanal arus sepanjang 200 meter. Anda akan berkeliling di kanal ini menggunakan Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung.
  9. Kolam Terapi Ikan.  Anda bisa menikmati terapi ikan ala fish spa. Spesies ikan yang hidup di Turki, Irak, Iran dan Syria dan bisa hidup dengan suhu 43 derajat celcius, konon bisa mengobati penyakit kulit. Anda merasakan gelinya jilatan ikan-ikan ini.
  10. Arena Gokart. Bagi Anda yang suka akan adrenalin balap, Owabong telah menyediakan arena gokart yang pastinya sangat menarik untuk di coba.
wahana owabong
Harga Tiket Masuk
Harga tiket wahana yang ada di Owabong seperti terapi ikan, theater 4 dimensi kolam olimpik dan sebagainya antara lain sebagai berikut
  1. Terapi Ikan: terapi ini dilakukan di kolam air hangat, dengan tarif Rp 15.000.
  2. Flying Fox: Anda dapat merasakan terbang di atas kolam-kolam dengan pemandangan alam yang indah dengan harga Rp. 15.000.
  3. Theater 4 Dimensi: wahana baru di Owabong yang hadir di tahun 2008, Buka jam 08:30 – 16:30 WIB, diputar setiap 30 menit sekali. Durasi film rata-rata 15 menit. Senin-Jumat Rp 15.000, Sabtu-Minggu Rp 20.000
  4. Kolam Olympic: kolam berstandar internasional dengan ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm harga tiket Rp. 20.000
  5. Water Boom: spiral Waterslide dan Torpedo Waterslide dengan ketinggian 13 meter merupakan salah satu waterboom tertinggi di Jawa Tengah, tangga Torpedo yang terlihat turun 90 derajat
  6. Kanal Arus: berpetualangan melintasi kanal arus sepanjang 200 meter merupakan pilihan yang menarik menggunakan Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung. Biaya Sewa Kayak Rp 12.000/putaran , Sewa Pelampung Rp 6.000/30 menit
  7. Pantai Bebas Tsunami: nikmati pantai yang bebas tsunami, Biaya Sewa  Jet Sky Rp 20.000.
  8. Gokart Rp. 50.000/orang

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Owabong:
Senin-Jumat : Rp 20.000
Sabtu-Minggu dan Hari Libur: Rp 25.000/orang dengan anak usia 3 tahun dibayar penuh
Catatan : Harga tiket dapat berubah sesuai ketentuan pengelola obyek wisata.

Di tempat wisata owabong juga sudah terdapat fasilitas penunjang untuk para pengunjung seperti mushola, resto dan foodcourt, kamar ganti dan kamar bilas, toilet bersih dan nyaman,tribune, dan juga tempat parkir yang luas. Pengunjung tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini sangat mudah di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum karena jalannya yang bagus dan akses ke tempat wisatanya juga mudah karena banyak papan penunjuk lokasi yang terdapat di sepanjang jalan.

Akses Menuju Owabong
Obyek wisata Owabong dari terminal bis Purbalingga hanya berjarak sekitar 10 km. Untuk menjangkau lokawisata ini anda bisa menumpang bis jurusan Purbalingga-Bobotsari atau Purbalingga-Pemalang atau naik angkutan kota Purbalingga.

Alamat :
Jl. Owabong-Bojongsari Purbalingga
Telp (0281) 7617063 Fax (0281) 6596935
Email: owabong_byuur@yahoo.com
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !