Wisata Curug Putri Brebes

Curug Putri merupakan obyek wisata air terjun yang berada di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya Curug Putri ini memiliki dua pancuran air yang juga sering disebut curug kembar. Namun seiring perjalanannya, debit air semakin mengecil sehingga hanya menyisakan satu air terjun saja. Curug Putri yang indah ini memiliki ketinggian lebih kurang 35 meter dan dihiasi dengan tebing batu yang sisi-sisinya membentuk ukiran alami sehingga menambah keindahan curug tersebut.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar kenapa air terjun tersebut dinamakan Curug Putri adalah curug yang berarti air terjun, dan putri yang di maksud bukan wanita maupun putri raja namun bidadari dari kayangan. Menurut cerita para sesepuh di kampung sekitar Curug Putri ini dulunya adalah tempat mandinya para bidadari dari kayangan. sehingga dinamakan Curug Putri.

Keindahan Curug Putri
Dulunya Curug Putri ini memiliki dua air terjun, dan lebih di kenal sebagai curug kembar. Namun lama kelamaan debit air di salah satu sungai ini menurun, sehingga saat ini hanya satu curug. Walaupun tinggal satu air terjun yang tersisa, ternyata tidak mengurangi keindahan yang ada di curug tersebut. dari keindahannya. Dengan ketinggian air terjun yang cukup tingggi yaitu sekitar 35 meter dan dihiasi dengan tebing batu pada sisi-sisinya yang membentuk pemandangan alam yang sangat menakjubkan.
curug putri
Keindahan batu sekitar air terjun ini terbentuk secara alami tanpa bantuan manusia. Pemandangan alam sekitar curug pun masih sangat alami, dihiasi batuan yang menghijau karna tertutup oleh tumbuhan lumut dan pepohonan tinggi yang berjajar memagari curug tersebut menambah kesejukan dan keindahan pemandangan sekitar curug. Ketika sinar matahari menembus titik-titik tumpahan dari air terjun curug putri tercipta fenomena alam yang sangat menakjubkan yaitu pelangi. Dengan suasana yang begitu asri, tidak salah jika lokasi ini sering dijadikan  tempat untuk melepas kepenatan dari kesibukan sehari-hari. Terkadang curug putri juga digunakan sebagai tempat bernostalgia masa kecil dimana saat bermain air sangat mengasikkan.

Di desa atau kecamatan tempat Curug Putri berada juga menjadi salah satu daerah penghasil padi di Kabupaten Brebes. Tidak mengherankan memang, karena tanah yang subur dan tersedianya air yang melimpah membuat penduduk di desa ini menjadikan bertani padi maupun sayur-sayuran sebagai mata pencahariannya. Pemberian dari Yang Maha Kuasa yang dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar.

Dengan berbagai keindahan alamnya, ternyata Curug Putri ini dulunya tidak pernah di lirik oleh pemerintah daerah setempat. Namun kini mulai dilirik oleh pemerintah dan orang-orang yang peduli akan curug ini. Di sekitar Curug Putri sekarang juga sudah mulai berbenah agar Anda betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Saat ini sedang dibangun sarana penunjang pariwisata seperti kolam renang di sekitar Curug Putri. Namun masih banyak juga berbagai hal yang masih harus di benahi di lokasi wisata ini sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang berkunjung ke Curug Putri.

Aksesbilitas Menuju Curug Putri
Curug Putri dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampai Anda di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama.  Akses jalan menuju lokasi Curug Putri memang cukup sulit. Selain belum diaspal,  kendaraan yang dibawa hanya dapat sampai di pertengahan Dukuh Padanama. Sisanya kita harus menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sejauh 500 meter. Medan perjalanan juga cukup berat, karena harus melalui tebing cukup terjal.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, jika dari arah Purwokerto ke Tegal turun di pertigaan Kaligadung atau di POM Bensin Sakalibel. Sebaiknya bertanya kepada tukang ojek atau petugas POM, arah menuju Curug Putri (Sirampog). Setelah sekitar setengah jam perjalanan, akan sampai di Prapatan Sirampog.  Selanjutnya di prapatan ini ambil arah ke utara ke Dukuh Padanama. Disitu, warga sekitar akan dengan senang hati memberi petunjuk kepada anda lokasi Curug Putri.

Dalam perjalanan menuju Curug Putri Anda juga dapat menikmati indahnya suasanya pedesaan yang masih asri dan di hiasi hijaunya hamparan sawah yang membentang di sekitarnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !