Curug Cantel Bumijawa

Air terjun Cantel merupakan sebuah curug yang berlokasi di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Curug Cantel Bumijawa ini memiliki pemandangan yang indah yaitu berupa curug atau air terjun setinggi 60 meter. Keindahan Curug Cantel Bumijawa belum bisa banyak dinikmati oleh khalayak ramai karena lokasi tempat wisata ini wisata ini masih sulit dijangkau karena harus berjalan sejauh 400 meter dari jalan raya.

Walaupun lokasinya cukup sulit untuk dijangkau perjalanan menuju lokasi dimulai dengan menyusuri aliran sungai kalipedes. Disini banyak bebatuan bebatuan besar. Perjalanan tracking melawan arus sungai, sebaiknya tracking sehabis musim hujan atau awal musim kemarau, Selain arus sungai yang tidak begitu deras, curugnya juga masih bagus dan tidak terlalu cepat ataupun lambat airnya. Apabila Anda sudah sampai di lokasi Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan sekitar curug. Sisi-sisi bukit ditumbuhi banyak lumut dan tumbuhan merambat yang menghijau. Pada bagian atas, terdapat pohon besar yang posisinya berada dipinggir tebing.

Keindahan Curug Cantel
Ketinggian air terjun ini menyebabkan percikan air terjun akan langsung terasa membasahi wajah begitu sampai di lokasi ini. Anda tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun, karena air yang turun begitu kuat sehingga membahayakan keselamatan Anda.
curug cantel bumijawa
Gemericik air yang jatuh dari atas diantara bebatuan yang menjulang tinggi dan hijaunya suasana alam disekitar menambah keindahan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Sisi-sisi bukit yang mengapit curug didominasi oleh warna hijau tumbuhan menambah keindahan curug, sangat unik dan mengagumkan. Suasana alam yang tenang dan damai menambah asri keadaan sekitar curug.

Akses Menuju Curug Cantel
Curug cantel tidaklah sulit ditemukan,jika dari arah Tuwel kemudian kantor Kec. Bumijawa belok kiri lalu belok kanan lurus terus mengikuti jalan sampai tiba di jembatan besar, disitulah para penduduk lokal dengan senang hati memberi tahu letak curug Cantel tersebut,selain itu juga tersedia tempat parkir yang aman. Jadi tidak usah khawatir dengan kendaraan bawaan.

Sekitar 15 menit pengunjung bisa jalan kaki menuju curug cantel,memang cukup jauh dan penuh dengan bebatuan perjalanan yang harus ditempuh. Tapi itu tidak seberapa dengan keagungan Tuhan yang memanjakan mata disepang jalan yang dilalui,dan akan lebih tidak seberapa lagi jika sudah sampai di air terjun curug cantel,terbayarlah sudah rasa capai berjalan kaki menuju curug cantel.

Sebenarnya Curug Cantel bisa ditempuh melalui jalur Guci, namun sayangnya kondisi jalannya rusak dan terlalu jauh, sehingga kami sarankan gunakan jalur Bumijawa. Lurus hingga ketemu Pertigaan Talang ambil kiri (arah Jalan Wredameta/ Pabrik Minuman Adi). Lurus hingga ketemu pertigaan lagi ambil kiri (arah Batumirah – Sirampog). Ketemu Perempatan Mentik masih lurus hingga menuju Desa Kalipedes dan bertemu dengan jembatan Kalipedes. Dari sini, mulailah perjalanan tracking.