Pesona Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah objek wisata pantai yang menjadi andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis).  Pantai Pangandaran terletak di sebelah tenggara Provinsi Jawa Barat. Pantai Pangandaran tepatnya terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Obyek wisata pantai Pangandaran menjadi kebanggaan dan menjadi tempat wisata unggulan Kabupaten Pangandaran. Pantai Pangandaran merupakan sebuah kawasan wisata yang sangat populer dan menjadi obyek wisata pantai terbaik di kawasan Provinsi Jawa Barat

Pantai Pangadaran letaknya cukup strategis karena, terletak di Kabupaten Pangandaran yang dapat diakses oleh setiap orang dari berbagai daerah. Pantai Pangadaran memiliki potensi wisata yang cukup besar bagi Kabupaten Pangandaran. Banyak wisatawan baik mancanegara maupun lokal yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka di tempat tersebut.

Keindahan Pantai Pangandaran
Salah satu obyek wisata yang ada di Pangandaran adalah pantai Batu Karas. Pantai ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Pemandangan alamnya yang menakjubkan dan ombaknya yang tidak besar sangat menarik untuk Anda kunjungi.  Selain keindahan pantainya, Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya, antara lain:
  1. Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari Pantai Timur dan Pantai Barat pada hari yang sama.
  2. Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan relatif aman.
  3. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  4. Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  5. Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  6. Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  7. Gua Jepang peninggalan Perang Dunia II.

Pantai Pangandaran ini juga terkenal dengan keindahan pasir hitam dan pasir putihnya. Anda akan disuguhi ombak tenang yang cocok untuk berenang serta angin sejuk di sekitar pantai. Air pasang serta air surut di area pantai juga memakan selang waktu yang lama sehingga Pantai Pangandaran aman digunakan sebagai tempat berenang. Jika anda datang ke pantai ini pada pagi hari maka anda akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di bagian timur kemudian pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat matahari terbenam yang begitu indah.

Di bagian selatan obyek wisata Pangandaran terdapat bukit yang menjadi hutan di area Pantai Pangandaran. Dalam hutan tersebut terdapat beberapa gua alami dan gua buatan tentara Jepang sebagai bunker pertahanan perang. Berkeliling lebih lanjut ke dalam hutan Anda bisa melihat air terjun yang sangat cantik berada di pucuk bukit. Namun Anda harus berjalan kaki melalui lebatnya hutan untuk sampai ke air terjun ini. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Pulang dari objek wisata ini jangan lupa mencicipi berbagai macam olahan laut di warung-warung makan sekitaran pantai seperti Udang, Kepiting, Cumi-cumi, Ikan, dan sebagainya. Untuk oleh-oleh keluarga cobalah membeli ikan asin yaitu Jambal Roti yang terkenal di Pantai Pangandaran.
pantai pangandaran
Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir putih terletak di Kawasan Cagar Alam ada dua yaitu pantai pasir putih barat dan pantai pasir putih  bagian timur. Dari kedua pantai pasir putih yang paling diminati wisatawan adalah pantai pasir putih barat.  Sebelum terjadinya tsunami 2006, tempat ini sering di kunjungi wisatawan asing, apalagi ketika musim panas tiba, mereka sering menggunakan tempat ini untuk bersantai dan berjemur.

Namun demikian tidak berlaku bagi wisatawan lokal, objek yang satu ini tetap menjadi primadona dan pilihan utama untuk di kunjungi. selain memiliki hamparan pasir putih yang indah, juga memiliki taman laut serta terumbu karang dan ikan-ikan hias didalamnya. Untuk lebih menikmati keindahan laut, sebaiknya Anda melalukan snorkling. Jangan khawatir di tempat tersebut sudah ada jasa penyewaan alat snorkling yang berjejer sepanjang tepi pantai.

Bagi anda yang tidak bisa berenang disediakan pelampung (life Jacket) serta kelengkapan lainnya , serta pemandu yang membantu anda saat beraktifitas di air. Namun, sebelum melakukan aktivitas di dalam air air baiknya ikuti petunjuk dan nasehat dari sipemandu.

Event pariwisata yang biasa digelar
Setiap tahunnya ada beberapa event yang di gelar di sekitar Pantai Pangandaran, ada yang merupakan acara rutin ada pula yang merupakan kegiatan insidental, beberapa event yang diselenggarakan antara lain sebagai berikut.
  1. Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
  2. Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.
  3. Kejuaraan ketangkasan domba juga di gelar di Pangandaran, biasanya dilaksanakan di Lapangan tol Boulervard Pangandaran, halaman lapangan yang biasanya digelar acara trail menjadi lapangan yang di penuhi dengan tancapan patok sebagai pengikat domba adu. Lomba tersebut akan memperebutkan piala dan sejumlah uang binaan sebagai hadiahnya, dan akan dihadiri pemilik domba adu di sekitaran Jawa Barat.

Fasilitas Umum
Untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung pihak pengelola obyek wisata Pantai Pangandaran menyediakan fasilitas umum sebagai penunjang pariwisata, beberapa fasilitas yang ada di Pangandaran diantaranya adalah :
  1. Lapangan parkir yang cukup luas
  2. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  3. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  4. Bumi perkemahan
  5. Sepeda dan ban renang sewaan
  6. Parasailing dan jetski
  7. Waterboom

Aksesibilitas
Untuk menuju obyek wisata Pantai Pangandaran dapat ditempuh melalui jalur darat dan jalur udara.
Jalur Darat
  1. Jika Anda datang dari arah Bandung, Anda  dapat menggunakan bus jurusan Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pengandaran, berhenti di terminal pangandaran, dari terminal langsung ke lokasi pantai pangandaran, bisa naik becak atau jalan kaki karena jarak dari terminal ke gerbang masuk pantai adalah hanya sekitar 300 meter. Jarak dari Bandung ke Pangandaran adalah 236 km.
  2. Jika Anda datang dari Jakarta bisa menggunakan bus Jurusan Kampung Rambutan-Pangandaran dan berhenti di terminal pangandaran. Jarak dari Jakarta ke Pangandaran adalah sekitar 750 km.
  3. Jika anda datang dari Yogyakarta dapat mengunakan bus Jurusan Yogyakarta - Cilacap -Kalipucang - Pangandaran, Jarak Yogyakarta ke pangandaran adalah 385 km.
Jalur Udara
Pesawat yang menyediakan pelayanan angkutan udara ke pangandaran adalah Susi Air.
  1. Dari Bandung (Bandara Husen Sastranegara) - Pangandaran (Bandara Nusawiru). Harga tiket Pesawat Bandung - Pangandaran adalah sekitar Rp.520.000,-
  2. Dari Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma) - Pangandaran (Bandara Nusawiru). Harga tiket Pesawat Jakarta - Pangandaran adalah sekitar Rp.280.000,-
Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Pangandaran
Berikut adalah kisaran harga tiket untuk masuk Pantai pangandaran, harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Perlu anda ketahui untuk memasuki kawasan obyek wisata Pangandaran, apabila Anda datang dalam rombongan tidak dihitung per orang, tetapi dihitung per kendaraan.
  1. Bus Besar Rp 130.500,-
  2. Bus Sedang Rp 79.500,-
  3. Bus Kecil Rp 52.500,-
  4. Mobil L300 Rp 40.700,- Mobil Kijang Rp 27.700,-
  5. Mobil Sedan Rp 14.700,-
  6. Sepeda Motor Rp 6.100,-
  7. Perorangan (pejalan kaki) Rp 3.000,-
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !