Pantai Purwahamba Indah

Letak Kabupaten Tegal yang berada di bagian utara Pulau Jawa membuat Kabupaten ini  memiliki beberapa pantai yang diantaranya dijadikan sebagai tempat wisata karena memiliki pemandangan yang indah. Salah satunya adalah Pantai Purwahamba Indah atau sering disebut dengan Purin. Pantai Purwahamba Indah terletak di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Ada juga yang menyebutnya Pantai Sosro karena memang di setiap sudut pantai ittersebut banyak sekali dijual minuman segar dengan merk Teh Sosro.

Berdirinya Pantai Purwahamba Indah merupakan ide dan gagasan yang lahir dari inspirasi Gubernur Jawa Tengah pada saat itu tahun 1979 Bapak H.M. Ismail, berawal dari perjalanan darat beliau dari Jakarta menuju Semarang, semilir hembusan angin laut membuat beliau terasa mengantuk dan ada beberapa kendaraan yang berhenti di jalan untuk mengusir kantuk tersebut.
pantai purwahamba
Berdasarkan pengalaman tersebut beliau Gubernur Jawa Tengah mempunyai ide untuk membuat daerah tersebut sebagai tempat istirahat (Rest Area). Beliau memerintahkan Bupati Tegal yang pada saaat itu di jabat oleh Bapak Hasyim Dirjo Subroto. Beliau memerintahkan kepada Bapak Ramlas tokoh masyarakat desa Suradadi untuk merealisasikan gagasan Gubernur Jawa Tengah tersebut, maka Bapak Ramlas mulai melaksanakan proses pembebasan tanah yang akan di jadikan sebagai lokasi rest area tersebut yang pada saat itu merupakan tanah milik penduduk setempat.

Setelah melalui proses dan berjalan lancar maka dibukalah lahan kebun kelapa tersebut untuk rest area dan saat itu mulailah kendaraan besar maupun kecil yang beristirahat ditempat tersebut, hal ini menjadikan daya terik tersendiri bagi masyarakat lainnya untuk datang ke lokasi ini.

Fasilitas yang pertama kali disediaka adalah pagar kawat berduri yang mengelilingi rest area, pos jaga tempat pemungut retribusi dan portal sederhana yang terbuat dari bambu, pada perkembangan berikutnya di buatlah halaman parkir dan kantor pengelola.

Asal nama Purwahamba Indah (PUR'IN) adalah ide dari sekelompok remaja dari desa-desa sekitar Purwahamba yang sering nongkrong dan peduli terhadap rest area ini untuk membuat apa yang cocok untuk rest area tersebut pada saat itu ada 2 pilihan nama yaitu : PPI (Pantai Purwahamba Indah) dan Pur'in ( Purwahamba Indah). Sejalan dengan perkembangan waktu nama Pur'in lah yang kemudian lebih popular di masyarakat sekitar tegal.

Pantai Purwahamba Indah ini ternyata memiliki ombak laut berwarna biru jernih serta berombak tenang. Kenyamanan ini semakin bertambah ketika anda melihat suburnya tumbuhan kelapa yang berjajar sepanjang pantai. Banyaknya pohon kelapa ini meneduhkan suasana di tepi Pantai Purwahamba Indah. Menurut saya Pantai Purwahamba Indah merupakan pantai terindah di kawasan Kabupaten Tegal.

Pantai yang menghadap Laut Jawa ini sangat menarik untuk Anda kunjungi. Pantai dengan tumbuhan nyiur yang subur, serta gelombang ombak yang tidak terlalu besar tersebut banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jika suatu saat Anda melewati jalur Jakarta - Surabaya, lewat pantai utara (Pantura) dapat beristirahat sejenak untuk refreshing.

Pantai ini memiliki sederet fasilitas yang sangat lengkap dari mulai kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo cafe, kebun binatang mini, taman, ria, dermaga,  dan masih banyak yang lainnya. Pantai Purwahamba Indah memang dikelola dengan baik sebagai daya tarik bidang pariwisata di Kabupaten Tegal ini.

Akses Menuju Lokasi
Pantai Purwahamba Indah ini berada di lokasi yang mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jarak tempuh dari terminal bus Kota Tegal sekitar14 Km ke arah Timur jurusan Pemalang-Pekalongan-Semarang. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum, antara lain: bus, dan colt mini.

Harga Tiket
Harga tiket masuk untuk hari biasa:
  • Dewasa : Rp. 7.000,- + Asuransi Jasa Raharja
  • Anak-anak : Rp. 5.000,- + Asuransi Jasa Raharja

Harga Tiket Masuk Untuk Hari Libur/Tanggal Merah
  • Dewasa: Rp. 7.500,- + Asuransi Jasa Raharja
  • Anak-anak : Rp. 5.000,- + Asuransi Jasa Raharja
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !