Curug Wanasuta Desa Lumbir Banyumas

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah paling barat yang terkenal akan pariwisata alamnya. Beberapa tempat wisata yang sudah dikenal luas di antaranya adalah Lokawisata Baturraden, Curug Nangga, Curug Cipendok, dan lain-lain. Objek wisata di daerah Kabupaten Banyumas sendiri kebanyakan merupakan wisata alam karena Kabupaten Banyumas berada dalam kawasan kaki Gunung Slamet. Tidak mengherankan memang jika Kabupaten Banyumas memiliki keunggulan dalam bidang wisata alamnya.

Di daerah Kabupaten Banyumas bagian barat, tepatnya di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, terdapat satu objek wisata alam yaitu Curug Wanasuta. Sebuah Curug (air terjun) yang berada di tengah kawasan hutan pinus yang dikelola oleh Perhutani. Lokasi curug yang berada di kawasan hutan pinus tersebut menawarkan keindahan dan kesejukan kepada para pengunjung.

Keberadaan Curug Wanasuta sendiri sudah terkenal di sekitar Desa Dermaji dan Kecamatan Lumbir pada umumnya. Namun objek wisata alam ini belum diresmikan dan belum digarap seperti sekarang ini. Namun setelah adanya pengelolaan dari Perhutani dan Pemerintah Desa Dermaji, kini Curug Wanasuta sudah menjadi wisata baru, wisata primadona, dan tentunya menjadi salah satu kebanggaan warga Desa Dermaji.

Keunikan Curug Wanasuta
Sebagai salah satu objek wisata alam Curug Wanasuta memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan Curug Wanasuta adalah curug ini terdiri atas tiga tingkatan. Jadi semakin kita turun ke bawah semakin terlihat bagus pula guyuran airnya dan tentunya kita dapat bermandi ria di bawah derasnya air curug. Selain itu keindahan alam sekitar curug juga menambah keunikan curug tersebut. Angin segar pegunungan akan memanjakan para pengunjung yang hadir di sana.
Curug Wanasuta
Fasilitas yang ada di sini sudah cukup memadai seperti adanya warung makan, toilet, gazebo, tempat parkir yang luas dan ada juga rumah pohon. Nah bagi kalian yang yang hobi banget selfie atau sekedar foto-foto di sini juga disediakan Deck Selfie yang terbuat dari kayu dan bambu. Melalui dek ini anda dapat berswafoto sepuasnya.

Selain itu dari deck selfie tersebut kita bisa melihat pemandangan sekitar curug dengan jelas dan tentunya bikin kita merinding juga karena ketinggiannya yang luar biasa. Selain fasilitas diatas ada juga jembatan cinta jadi jembatan ini menghubungkan dua bukit di atas curug.

Objek wisata Curug Wanasuta menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Banyumas. Untuk tarifnya bisa dikatakan sangat murah karena dengan uang Rp 2.000 kita sudah bisa masuk kawasan wisata Curug Wanasuta, itu pun sudah termasuk biaya parkir di dalam. Bagi kalian yang ingin foto di Deck Selfie, kalian cukup merogoh kocek yang sama, yaitu Rp 2.000.

Aksesibilitas
Lokasi wisata Curug Wanasuta tidak sangat mudah untuk diakses baik Anda yang datang dari Arah Bandung maupun dari arah timur. Apabila Anda dari Purwokerto dapat mengambil arah Ajibarang-Gumelar. Jika Anda sudah berada di Ajibarang Anda dapat melalui perempatan dekat Pasar Hewan Ajibarang. Ikuti jalan yang mengarah ke barat, sampai di pertigaan Darma Keradenan ambil kanan dan sampai Pertgaan Desa Paningkaban kita ambil kiri arah Dermaji, Lumbir, lalu ikuti jalan sekitar 10 menit kita akan sampai di loket wisata Curug Wanasuta.

Jika kita melewati Jalur Selatan atau Purwokerto-Lumbir sesampainya di pertigaan Kedunggede (dekat Polsek Lumbir) masuk ke Utara (Alternatif ke Ajibarang) sekitar 10 menit, ikuti jalan dan kita akan sampai di loket wisata Curug Wanasuta. Curug Wanasuta hanya memiliki 1 rute jadi sangat memudahkan para wisatawan berkunjung. Dari parkiran kita akan menyusuri jalan setapak menurun sekitar 300-500 meter.
Saat ini Wisata Curug Wanasuta tidak pernah sepi pengunjung terlebih lagi ketika akhir pekan, bukan saja warga sekitar tetapi warga dari luar sangatlah membludak. Banyak muda-mudi yang datang mengisi liburan dengan menikmati keindahan curug maupun pemandangan alam yang ada di sekitar curug Wanasuta

Mereka biasanya menghabiskan hari libur di Curug Wanasuta dengan mandi di curug, selfie, maupun menikmati alam dengan jogrogan atau duduk santai.. Objek wisata alam yang murah meriah, namun dapat menghilangkan kejenuhan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !