Curug Penganten Cipicung Kecamatan Karang Pucung

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah paling barat yang terkenal akan pariwisata alamnya. Selain wisata pantai Kabupaten Cilacap juga memiliki objek wisata alam lainnya. Beberapa tempat wisata yang sudah dikenal luas di antaranya adalah Pulau Nusakambangan, Pantai Teluk Penyu, Pantai Pasir Putih, dan lain-lain. Objek wisata di daerah Kabupaten Cilacap sendiri kebanyakan merupakan wisata alam pantai karena Kabupaten Cilacap berada di bagian selatan Pulau Jawa.

Di daerah Kabupaten Cilacap bagian barat, tepatnya di Desa Bengbulang Kecamatan Karang Pucung, terdapat satu objek wisata alam yaitu Curug Penganten. Sebuah Curug (air terjun) yang berada di tengah kawasan hutan pinus yang dikelola oleh Perhutani. Lokasi curug yang berada di kawasan hutan pinus tersebut menawarkan keindahan dan kesejukan kepada para pengunjung yang hadir di objek tersebut.

Keberadaan Curug Penganten sendiri sudah terkenal di sekitar Desa Bengbulang dan Kecamatan Karang Pucung pada umumnya. Namun objek wisata alam ini belum diresmikan dan belum digarap dengan baik sehingga memang masih ada beberapa kekurangannya. Namun setelah adanya pengelolaan dari Perhutani dan Pemerintah Desa Bengbulang, kini Curug Penganten diprediksi akan menjadi objek wisata primadona di Kabupaten Cilacap. Mengapa demikian ? Ternyata curug Penganten Cipicung ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi primadona.

Keunikan Curug Penganten Cipicung
Sebagai salah satu objek wisata alam Curug Penganten memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan Curug Cipicung memiliki ketinggian sekitar 20 m. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun keindahan curug ini sangat menawan. Selain itu keindahan alam sekitar curug yang berupa hutan pinus dan perkebunan warga menambah keunikan curug tersebut. Angin segar sekitar curug akan memanjakan para pengunjung yang hadir di sana.

Fasilitas yang ada di sini sudah cukup memadai seperti adanya warung makan, tempat parkir yang luas. Selain itu jalan menuju curug ini sudah sangat bagus. Namun sayangnya masih ada kekurangan pada objek wisata ini yaitu adanya usaha pengolahan tapioka yang menyebabkan pencemaran terhadap objek wisata ini.
Curug Penganten
Objek wisata Curug Cipicung menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Cilacap. Untuk tarifnya bisa dikatakan sangat murah namun memberikan kepuasan yang besar bagi pengunjung yang datang.

Aksesibilitas
Lokasi wisata Curug Cipicung sangat mudah untuk diakses baik Anda yang datang dari Arah Bandung maupun dari arah Purwokerto. Apabila Anda dari Purwokerto dapat mengambil arah Ajibarang-Lumbir. Jika Anda sudah berada di Terminal Karang Pucung Anda tinggal ke arah barat sekitar 1 km. Sampai pertigaan Citando ambil kanan dan ikuti jalan yang mengarah ke Cipicung, Sampai di perempatan SDN 1 Tayem Barat ambil kanan lurus terus sampai objek wisata Curug Penganten.

Bagi anda yang datang dari arah Bandung, sesampainya di Kecamatan Karang Pucung (pertigaan Citando) silahkan ikuti jalur yang mengarah ke Objek Wisata Curug Penganten tersebut. Jarak curug dari jalan Purwokerto-Bandung sekitar 8 km.

Saat ini Wisata Curug Penganten tidak pernah sepi pengunjung terlebih lagi ketika akhir pekan, bukan saja warga sekitar tetapi warga dari luar sangatlah membludak. Banyak muda-mudi yang datang mengisi liburan dengan menikmati keindahan curug maupun pemandangan alam yang ada di sekitar curug Penganten Cipicung

Mereka biasanya menghabiskan hari libur di Curug Penganten dengan mandi di curug, selfie, maupun menikmati alam dengan jogrogan atau duduk santai.. Objek wisata alam yang murah meriah, namun dapat menghilangkan kejenuhan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !