Taman Balai Kemambang Purwokerto

Purwokerto sebagai kota terbesar di bagian selatan-barat Jawa Tengah kian hari semakin berkembang. Sayangnya ruang publik yang berbentuk ruang terbuka hijau seperti taman jumlah dan luasannya masih terbatas. Beberapa taman kota yang sudah dimiliki Purwokerto antara lain: Taman Satria di Berkoh, taman kota sebelah timur Rumah Sakit Geriatri, Hutan Kota di perbatasan Purwokerto-Karanglewas dan Andang Pangrenan di bekas lahan terminal lama JL. Gerilya.

Pemerintah Kabupaten kembali membuka sebuah taman kota yang diberi nama “Taman Balai Kemambang”. Taman seluas kurang lebih 1 hektar ini akhirnya bisa dinikmati oleh warga kota Purwokerto. Meskipun tidak cukup luas, sudah cukup lumayan untuk mengobati kebutuhan warga akan ruang publik dan ruang terbuka hijau.

Taman Balai Kemambang terletak di Jalan Karangkobar Purwokerto Utara, atau tepatnya sebelah barat Perumahan Permata Hijau Purwokerto. Secara administrative masuk dalam perbatasan antara Kelurahan Sumampir di sisi utara, Kelurahan Bancarkembara di sebelah timur, Kelurahan Sokanegara di bagian selatan dan Kelurahan Purwonegoro di sebelah barat.
Balai Kemambang

Lokasinya cukup strategis untuk dijangkau dengan berbagai alat transportasi. Dari arah utara Untuk Jalan Karangkobar sendiri juga dilewati angkutan kota nomor O1-O2 tujuan awal dan akhir terminal bus, dan juga angkutan kota H1-H2 tujuan awal dan akhir terminal angkot Kebondalem Purwokerto. Keduanya melewati kampus UNSOED.

Fasilitas Taman Balai Kemambang
Sebagai ruang atau wilayah yang disediakan untuk publik, tentu Taman Balai Kemambang juga menyediakan fasilitas yang bisa digunakan . Secara umum cukup lengkap fasilitas yang disediakan pengelola. Dari termpat parkir kendaraan di depan taman, meski tidak cukup luas tapi lumayan memadai.

Sementara itu di bagian dalam taman juga tersedian banyak tempat duduk yang bisa digunakan untuk istirahat atau berteduh. Toilet atau kamar mandi juga tersedia dan cukup terjaga kebersihannya untuk ukuran tempat public di Indonesia. Tempat sampah juga tersedia disetiap sudut, baik untuk sampah organik maupun anorganik. Juga tersedia satu bangunan musholla yang cukup bersih dan memadai bagi pengunjung muslim yang mau menunaikan sholat.

Tiket Masuk Taman Balai Kemambang
Untuk bisa menikmati indah dan nyamannya Taman Balai Kemambang Purwokerto, anda tidak harus merogoh kocek yang dalam untuk membayar retribusi retribusinya. Cukup dengan Rp. 2.500 untuk dewasa dan Rp. 1.500 untuk anak-anak. Murahnya harga tiket masuk ini juga berimbas pada ramainya pengunjung dari pagi bahkan hingga malam hari. Meskipun menurut saya, seharusnya pemerintah dalam hal ini Pemkab Banyumas seharusnya menyediakan ruang public yang gratis bagi warganya

Pungutan lainnya paling biaya parkir kendaraan yang Alhamdulillah masih wajar sesuai aturan. Kendaraan roda dua (motor) cukup bayar parkir Rp 1.000 adapun mobil cukup Rp 2.000. Jadi total jenderal perorang tidak lebih dari Rp 5.000 sudah bisa menikmati indahnya taman di tengah kota Purwokerto ini.

Untuk lebih jelasnya tentu langsung cek TKP alias ke lokasi. Waktu terbaik untuk bisa menikmati taman kota ini adalah pagi atau sore hari. Di pagi hari anda bisa menikmasi suasana sunrise atau matahari terbit, dan hangatnya sinar matahari yang menyehatkan. Sementara di sore hari tentu anda dapat melihat saat-saat terbenamnya matahari atau sunset.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !