Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) terletak di Kelurahan Kutabanjar, Kecamatan Bajnjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah taman yang pada awalnya merupakan sebuah hutan kota yang telah dihijaukan semenjak tahun 1994. Taman yang diresmikan oleh Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm), ketika masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997.

Lahan yang dimiliki TRMS Serulingmas secara keseluruhan adalah kurang lebih 100.000 m² atau 10 ha, dimana yang 50.000 m² sudah ada infrastruktur dan fasilitasnya, sedangkan yang 50.000 m² lainnya merupakan lahan kosong.

TRMS dibangun pada masa Bupati (saat itu) Drs Nurachmad. Di taman tersebut hidup lebih dari 36 jenis hewan memamah biak, burung, dan binatang melata serta tanaman langka. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung. Selain itu terdapat pula harimau benggala, singa Afrika, dan seekor beruang.
pintu masuk serulingmas
Tempat wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas terletak tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara. Hanya sekitar 2 km ke arah barat, Taman yang berada di bantaran sungai Serayu, sungai yang menjadi sumber Pembangkit Listrik  Tenaga Air Mrica di Kecamatan Bawang. Untuk sampai di lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau, akses jalan sudah dibangun dengan baik dan angkutan umum juga tersedia.

Di tengah hutan taman juga terdapat makam Ki Ageng Selomanik, seorang pengikut Pangeran Diponegoro yang terdesak ke arah barat dan kemudian menetap di Banjarnegara. Dari TRMS Anda bisa dilihat pemandangan menawan lembah Sungai Serayu, yang bertemu dengan Sungai Merawu dan Palet di sisi barat. Tidak jauh dari sana terdapat Bendungan Banjarcahyana, yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1939. Bendungan yang berkonstruksi sifon itu menembus sampai ke bawah Kali Merawu dan sampai kini masih berfungsi sebagai irigasi teknis.

Selain sebagai tempat rekreasi bagi wisatawan, juga difungsikan sebagai Konservasi Satwa diluar habitatnya. Berbagai jenis Satwa Carnivora, Herbivora maupun Omnivora saat ini hidup dan berkembang dengan baik.

Koleksi Flora dan Fauna TRMS
Saat Anda masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Anda akan merasakan suasana sejuk dan nyaman. Pohon-pohon rindang banyak terdapat di lokasi wisata ini, memanjakan pengunjung yang ingin jalan-jalan sambil menikmati suasana area wisata.

Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara menarik untuk dikunjungi, karena pengelola memadukan beberapa objek wisata dalam satu lokasi. Anda tidak hanya bisa melihat beragam koleksi binatang, kolam renang dengan fasilitas waterboom tersedia. Wahana permainan juga dibuat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Pada hari tertentu biasanya digelar hiburan rakyat seperti musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disediakan secara khusus.

Keterpaduan yang harmonis antara Flora dan Fauna yang terdapat di TRMS Serulingmas, menjadikannya sebagai tempat yang sejuk dan nyaman untuk rekreasi keluarga. Taman Rekreasi dan Marga Satwa Serulingmas memiliki potensi dengan kondisinya pada saat ini. Taman Rekreasi dan Marga Satwa Serulingmas memiliki berbagai jenis tanaman.

Meskipun tak selengkap kebun binatang lain seperti taman safari atau ragunan. Namun Serulingmas Selomanik memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap diantaranya Harimau, Singa, ular, orang utan, aneka burung, kuda zebra, kasuari, beruang dan masih banyak lagi. Sarana prasarana taman ini masih cukup baik karena mendapat dukungan dari pemerintah.
satwa koleksi trms
TRMS memiliki lebih dari 36 jenis hewan memamah biak, burung, dan binatang melata serta tanaman langka. Disediakan pula fasilitas wisata menunggang gajah keliling taman dengan dipandu seorang pawang. Kolam renang cukup memadai, terdiri atas 3 bagian kolam untuk anak-anak dan orang dewasa, serta fasilitas mandi/bilas.

Taman rekreasi ini dilintasi oleh aliran Sungai Serayu yang menambah keindahan pemandangan taman. Taman ini sangat diminati oleh anak-anak dan remaja, pada hari-hari libur atau liburan sekolah obyek wisata ini selalu padat pengunjung.

Akses Menuju TRMS
Untuk menuju obyek wisata ini Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkot dan delman dari kota Banjarnegara. Atau bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, hanya 10 menit dari alun-alun kota, ambil arah barat ke “Perempatan Buntil”, kanan (Jl. A Yani), pertigaan Rumah Sakit ambil kiri, lurus terus (Jl. Selamanik) sekitar 500 meter, dan beberapa meter dari Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar Kabupaten Banjarnegara) di kanan jalan, pengunjung dapat memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan itu.

Harga Tiket Masuk Taman Marga Satwa Serulingmas ini cukup murah dan terjangkau untuk masuk hanya dikenakan tarif Rp.5000 untuk umum dan Rp2000 untuk pelajar. Anda juga bisa menunggang gajah, unta, atau kuda dengan tarif Rp5000. Selain itu anda juga bisa menikmati wahana wisata lainnya seperti kolam renang, wahana permainan dan sebagainya dengan tarif Rp4000/wahana.

Di taman ini, wisatawan juga dapat menikmati minuman khas Banjarnegara, yaitu Dawet Ayu Banjarnegara. Nuansa pedesaan yang masih kental di TRMS ini menjadikan kawasan TRMS cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga di hari libur. Dengan keistimewaan tersebut, TRMS merupakan satu-satunya taman margasatwa di Provinsi Jateng bagian selatan.

Informasi lebih lanjut :
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara
Alamat : Jalan Selamanik 35
Tep/Fax : (0286) 592753
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !