Taman Reptil dan Serangga Sanggaluri Park

Taman Reptil Sanggaluri Park Purbalingga terletak di Dukuh Walik Desa Kutasari Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Provinsi Jawa Tengah. Sanggaluri Park ternyata merupakan singkatan dari Sanggar Luru Ilmu, yang berarti tempat untuk mencari ilmu. Taman Reptil Sanggaluri Park merupakan tempat wisata terpadu yang mengusung konsep edukasi sekaligus rekreasi alam. Sanggaluri Park terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian itu antara lain : Taman Reptil, Taman Serangga, Museum Prestasi, Museum Uang dan Museum Wayang dan Artefak.

Taman ini berjarak sekitar 5 km dari kota Purbalingga, 10 menit dari obyek wisata Owabong dan Desa Wisata Karangbanjar atau kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat kota Purbalingga. Lokasi taman ini juga dekat dengan bumi perkemahan Munjuluhur. Bumi perkemahan Munjuluhur merupakan sarana untuk lokasi perkemahan dan outbond yang cukup representatif. Sebagai sarana perkemahan dan arena petualangan (out bond) bagi pelajar, mahasiswa dan untuk umum, maka lokasi ini dapat dipilih dengan fasilitas yang cukup lengkap.
pintu masuk

Walaupun lokasinya dekat dengan kota tetapi suasana asri dan rindang tetap terasa di Taman Reptil dan Serangga. Akses menuju lokasi taman jga sangat mudah di jangkau sehingga perjalanan anda pun akan terasa nyaman. Anda juga dapat menggunakan alat transportasi umum dari terminal dengan naik bus jurusan Kutasari.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga membangun kawasan wisata pendidikan untuk anak-anak agar bisa melihat dan mempelajari lebih dalam tentang dunia reptil, karena ditempat ini juga terdapat koleksi pustaka lengkap. Dengan cara ini anak-anak tidak akan takut lagi melihat langsung reptil. Bahkan jenis iguana dibiarkan berkeliaran bebas di halaman sehingga anak-anak bisa menyentuh langsung. Taman Reptil ini mempunyai luas sekitar 2 hektar.

Koleksi Taman Reptil
Didalam taman ini terdapat koleksi binatang, baik yang diawetkan atau pun yang masih hidup dengan jumlah mencapai ribuan ekor. Koleksi hewan dari Taman Reptil dan Serangga yang dikeringkan juga menarik perhatian para pengunjung. Menurut pihak pengelola Taman Reptil dan Serangga, setidaknya ada sekitar 1.831 spesimen dan 841 jenis serangga. Hewan yang ada cukup unik sehingga ini dapat memberikan wawasan bagi para pengunjung untuk mengetahui lebih banyak tentang hewan reptil dan serangga.

Jika Anda berkunjung ke taman ini bersama anak-anak, anda dapat mengenalkan jenis-jenis binatang reptil kepada mereka. Ada beberapa jenis koleksi yang dibiarkan berkeliaran dengan bebas karena jinak sehingga anda dan anak-anak bisa memegang ular dan hewan lainnya, atau bahkan mengambil foto bersama mereka.

Begitu memasuki Taman Reptil dan Serangga kita akan disambut oleh patung ular kobra yang berjajar. Memasuki zona pertama, Reptile dan Insect Park berisi kotak-kotak kaca seperti akuarium. Di taman reptil ini terdapat berbagai koleksi reptil baik dari dalam maupun luar negeri. Dari koleksi ular dari yang berbisa tinggi atau mematikan seperti King Kobra hingga ular yang tak berbisa tetapi mempunyai lilitan yang sangat mematikan seperti anaconda dan tak ketinggalan ular phyton yang panjang dan bertubuh besar juga ada di tempat wisata yang satu ini.

Hampir semua jenis binatang yang ada ditempatkan di kandang tersendiri agar tidak membahayakan para pengunjung. Binatang yang tidak berbahaya dan tergolong jinak, pengelola Taman Reptil dan Serangga ini pun membiarkannya untuk bisa bergerak bebas sehingga anda dapat berinteraksi langsung dengan mereka. Ada juga koleksi biawak, buaya, dan iguana yang menjadi favorit para pengunjung yang sedang ada disana.

Koleksi reptil yang lain yang ada adalah berbagai jenis kadal dari dalam dan luar negeri. Koleksi beberapa biawak sangat menarik diperhatikan tingkah lakunya. Koleksi kadal raksasa atau komodo juga ada. Berbagai koleksi tokek dan cicak dari berbagai manca Negara sangat unik dan menarik. Unik karena bentuknya yang aneh seperti ekor yang besar serta berwarna-warni sehingga akan membut para penelusur kagum saat melihatnya.

Sementara di ujung ruangan, ratusan jenis serangga yang telah diawetkan tertata rapi dalam frame-frame kaca. Dari kupu ngengat sampai kupu gajah ada disini. Kumbang, capung, lalat dan banyak jenis serangga lain menghiasi museum ini.
sanggaluri park
Setelah melewati taman serangga dan reptil, Anda juga dapat menuju ke taman yang sebenarnya yaitu sebuah taman dengan hamparan hijau yang membentang luas. Di taman ini para Anda dapat berfoto dengan ular dan juga buaya, namun tentunya juga dengan didampingi oleh para petugas dan juga pawang.

Selain itu juga terdapat berbagai wahana permainan yang sangat mendidik seperti taman lalu-lintas dan stasiun Kutasari. Wahana permainan trampoline dan istana balon juga sangat menarik bagi anak-anak. Anak-anak juga dapat belajar bercocok tanam di warung kebon. Tidak mengherankan jika tempat wisata yang satu ini sekarang menjadi tujuan utama saat berwisata ke Purbalingga.

Tempat parkir yang disediakan bagi para pengunjung sangat luas sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat saat memarkirkan kendaraan. Jika Anda ingin memasuki aman reptil, maka Anda harus membeli tiket dahulu seharga Rp 10.000/orang untuk hari senin – jumat dan Rp 15.000/orang untuk weekend atau hari libur nasional. Sedangkan untuk parkir kendaraan untuk motor Rp 1.000, untuk mobil Rp 4.000,dan Rp 10.000 untuk bus besar.

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga. Jika anda datang bersama anak-anak, anda juga bisa memperkenalkan jenis-jenis hewan melata kepada putra-putri anda. Pengalaman semacam ini bisa dijadikan pelajaran dan pengisi waktu liburan yang menyenangkan.

Alamat Sanggaluri Park :
JL. Raya Kutasari Purbalingga
Telp : 0281 – 7664758, 0281–6599296
Fax : 0281 – 6599296
Email : reptile_insectpark@yahoo.co.id
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !