Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas

Aquarium raksasa Purbasari Pancuran Mas yang terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga disebut dengan Taman Wisata Pendidikan River World (dunia sungai) karena di wisata ini dipamerkan koleksi ikan dari sungai-sungai tidak hanya dari dalam negeri saja, namun juga dari manca negara.

Purbasari Pancuran Mas awalnya hanya sebuah hobi koleksi ikan air tawar dari Bapak H. Sarimun Budi Purwanto pada tahun 1993. Karena koleksi ikan-ikannya banyak, akhirnya keluarga dan masyarakat sekitar menyarankan untuk dibuka sebagai tempat wisata hingga sekarang ini. PPM secara resmi dibuka dan diresmikan oleh Bupati Purbalingga Bapak Triyono Budi S. pada tahun 2001.
purbasari

Lokasi obyek wisata ini mudah dicapai baik dari pusat kota Purbalingga maupun Purwokerto. Sebuah obyek wisata yang mengusung konsep taman wisata pendidikan, Purbasari Pancuran Mas menggabungkan konsep wisata alam buatan dengan berbagai wahana modern. Di atas lahan seluas 6 hekter tempat ini seperti taman wisata all in one.

Daya tarik wisata Purbalingga terletak pada sejumlah obyek wisata buatannya yang menawan. Meski ada sejumlah obyek wisata alam yang cantik seperti Gua Lawa namun ikon wisata ada pada tiga tempat yakni Owabong yang merupakan pengembangan dari pemandian alam Bojongsari, Sanggaluri Park dan Purbasari Pancuran Mas yang merupakan taman rekreasi sekaligus wahana pendidikan.

Purbasari Pancuran Mas menjadi ikon pertama karena dibangun lebih awal. Purbasari Pancuran Mas dahulu dikenal sebagai aquarium raksasa Purbayasa karena pada awalnya tempat ini menyimpan koleksi hidup Arapaima gigas, ikan air tawar raksasa dari Amazon. Hingga kini koleksi tersebut masih dipertahankan sebagai bagian dari daya tarik tempat ini. Pengembangan sampai dengan saat ini telah berhasil menyulap Purbasari sebagai kawasan rekreasi yang menawan.

Koleksi Purbasari Pancuran Mas
Hal pertama yang akan Anda lihat setelah melewati loket tiket adalah ruangan akuarium raksasa dua lantai. Di dalamnya puluhan koleksi ikan ditempatkan di sejumlah aquarium kaca dan kolam berbagai ukuran. Beberapa aquarium berada di lorong gelap dengan celah kaca yang memperlihatkan ikan-ikan yang sedang berenang.

Ikan air tawar yang ada di tempat ini berasal dari sungai-sungai dalam dan luar negeri. Ikan-ikan langka antara lain Patin Albino, Red Devil, Arwana Perak dan Emas, Ikan Alligator, Piranha, belut listrik, Ikan Macan, lobster air tawar, dan masih banyak lagi yang lain. Di aquarium raksasa terdapat ikan raksasa Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar raksasa dari sungai Amazone. Panjang ikan ini mencapai 2,5 meter dan berbobot 1,2 kuintal. Terdapat 9 ikan Arapaima gigas.
arapaima gigas
Akuarium Raksasa ini mempunyai berbagai ragam ikan dan binatang laut yang berasal dari Asia, Australia, Eropa, Afrika hingga Amerika. Salah satu koleksi yang menjadi daya tarik Akuarium Raksasa ini adalah ikan raksasa dari Amazon yaitu Arapaima Gigas yang memiliki panjang lebih dari 2 meter.

Obyek Wisata tidak hanya memberikan hiburan, namun juga memberikan tambahan ilmu pengetahuan alam, tentang dunia ikan air tawar, unggas dan tumbuh-tumbuhan. Obyek wisata ini paling banyak di kunjungi oleh siswa sekolah dari berbagai daerah. Bila musim liburan sekolah tiba, tempat ini penuh dengan pelajar-pelajar yang ingin melihat langsung berbagai macam ikan air tawar.

Selain berbagai macam ikan, di Purbayasa ini juga terdapat berbagai macam unggas dan. Aneka jenis burung eksotis menjadi daya tarik Exotic Bird Park, salah satu bagian Purbasari Pancuran Mas. Exotic Bird Park menghadirkan banyak koleksi burung cantik yang ditempatkan di dalam sangkar dan kandang. Ada burung Merpati, Nuri, Betet hingga Rangkong dan Merak bisa dilihat dari dekat di tempat ini. Beberapa sangkar bahkan ditempatkan tersebar di beberapa sudut taman sehingga lebih mudah dinikmati pengunjung.

Koleksi lain yang ada di obyek wisata ini antara lain terapi ikan. Meski ada alur yang mengarahkan wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat secara berurutan, namun kita bisa acak bertandang ke sejumlah lokasi. Misalnya jika ingin merasakan sensasi terapi ikan, sebuah kolam disediakan untuk merendam kaki  dan membiarkan ikan-ikan di dalam kolam memijat kaki kita.

Setelah melewati taman kita bisa melanjutkan ke kebun koleksi tanaman sembari mengenal nama ilmiahnya. Di tempat ini juga terdapat kebun buah naga.

Daya tarik Purbasari Pancuran Mas terus berlanjut hingga mendekati pintu keluarnya. Sebuah danau buatan membentang luas dikelilingi pepohonan dan beberapa kandang rusa. Anda bisa mengeliling danau dengan berjalan kaki melintasi setapak. Kita juga bisa menjelajahi danau dengan menaiki perahu motor atau sepeda air. Sementara itu di pinggir danau terdapat foodcourt setengah terapung yang menawarkan pemandangan danau sebagai teman menikmati hidangan.

Harga Tiket
Harga tiket masuk yang harus dibayarkan untuk tiap pengunjung adalah Rp10.000. Anda bisa dengan leluasa menikmati semua wahana yang ada di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas. Anda harus harus merogoh kocek lagi kalau ingin menikmati bioskop tiga dimensi Rp5.000/orang.

Tarif parkir untuk motor Rp1.000. mobil Rp3.000. mini bus Rp5.000. dan bus besar Rp10.000.  Anak usia di atas 3 tahun sudah membayar tiket. Wahana yang ada adalah taman aquarium air tawar, taman aquarium air eksotik, taman bermain anak (play ground), taman air luncur (water boom), kolam renang, taman burung dan unggas, penangkaran rusa, dan wisata air Telaga Fulus. Untuk fasilitas wisata air perahu besar dan speed boat gratis, pengunjung hanya dikenakan sewa pelampung Rp2.500. Untuk sepeda air Anda dikenakan biaya Rp10.000.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Informasinya sangat menarik....

Balas

Sepertinya bagus juga cocok nih untuk keluarga murah dan banyak macamnya

Balas

Silahkan berikan komentar Anda !