Keindahan Pantai Randusanga Brebes

Pantai Randusanga atau Pantai Randusanga Indah (Parin) terletak di Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Pantai tersebut berada sekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Obyek wisata Pantai Randusanga Indah memiliki panjang sekitar 2 Km dengan luas lahan sekitar 30 Ha, namun yang baru dikembangkan sekitar 10 Ha. Obyek wisata ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes yang dibangun sekitar tahun 2001. Pantai Randusanga merupakan salah satu pantai dengan pemandangan laut yang sangat menawan.

Pada awalnya pemerintah kabupaten Brebes kurang memperhatikan bahwa Pantai Randusanga ini. Pantai Randusanga merupakan pantai yang potensial untuk di jadikan sebagai tempat wisata. Selain karena keindahan pemandangannya lautnya juga kegiatan nelayan yang ada di pantai tersebut sangat menarik. Menyadari akan potensi Pantai Randusanga, maka pantai tersebut dijadikan tempat wisata andalah di Kabupaten Brebes. Mulai tahun 2001 pantai tersebut  dibangun dan dikelola oleh Kantor Pariwisata Kabupaten Brebes dan akan terus dikembangkan.

Pantai Randusanga menawarkan beberapa daya tarik yang cukup menarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai tersebut. Selain menawarkan pemandangan pantai yang indah, tempat wisata ini sendiri terletak di kawasan perikanan yang cukup besar di Kabupaten brebes. Sehingga tidak mengherankan sepanjang perjalanan menuju pantai ini Anda akan disuguhi oleh pemandangan tambak-tambak dan payau yang sudah pasti didalamnya terdapat ternak-ternak ikan dengan berbagai jenis.

Keindahan Pantai
Di lokasi pantainya sendiri akan dijumpai panorarama pantai yang masih alami disertai fasilitas mainan anak, mandi laut, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Menjelang senja hari, para pengunjung dapat menikmati indahnya panorama terbenamnya matahari di cakrawala pantai.
pantai randusanga
Berbagai atraksi wisata yang ada di obyek wisata Pantai Randusanga antara lain atraksi wisata anak yang dilengkapi dengan panggung gembira anak-anak, kolam becak air dan waterboom, arena wisata remaja dan dewasa yang dilengkapi dengan bangunan pendopo, penggung hiburan terbuka dan kafe, arena wisata bahari berupa pemandangan laut yang dilengkapi dengan anjungan dan gazebo.

Perkebunan bawang pemandangan umum di sepanjang perjalanan saat Andar menuju ke Pantai Randusanga. Pemandangan-pemandangan yang begitu indah dan alamiah tersebut hanya dapat Anda temui di Kota Brebes ini. Banyak tanaman bawang merah yang berbaris di atas bedengan tanah dengan rapi dan menghijau. Pemandangan seperti ini akan banyak Anda temui selama Anda melewati jalan menuju pantai Randusanga. Selain itu Anda juga akan menemui banyak sekali hewan bebek yang memang sengaja diternakan oleh warga, brebes juga terkenal sebagai produsen telur asin.

Fasilitas
Selain atraksi wisata, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas wisata untuk mendukung atraksi tersebut diantaranya yaitu mushola, toilet, fasilitas perdagangan, kantor pengelola dan lain sebagainya. Obyek wisata ini bisa menjadi trip alternatif untuk wisata sepeda atau jalan-jalan karena mempunyai garis pantai cukup panjang, dengan pasir pantainya yang tanpa batu dan udara laut yang segar sehingga menjadikan wilayah ini ideal untuk jalan-jalan.

Selain fasilitas dasar seperti di atas Pantai Randusanga ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yaitu terdapat anjungan dan tersedia fasilitas mainan anak, panggung hiburan, arena balap motor (grass track), camping ground, kolam becak air, waterboom, arena wisata remaja dan dewasa yang dilengkapi dengan bangunan pendopo, panggung hiburan terbuka. Setelah capek bermain main di pantai, Anda dapat beristirahat di gazebo yang ada di Pantai Randusanga ini.

Jangan  lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Brebes diantaranya yaitu bawang merah, telor asin baik telor asin panggang maupun telor asin bakar dan rumput laut. Dan semua itu dapat Anda dapatkan di tempat pembudidayanya langsung.

Selain wisata alam, wisata kuliner di Brebes sendiri juga tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Para pengunjung dapat menikmati hidangan seafood yang terdapat di warung-warung sepanjang jalan menuju Pantai Randusanga Brebes. Menu yang ditawarkan antara lain yaitu ikan bakar dengan rasa istimewa, ikan bawal, cumi-cumi, kakap, rajungan, kepiting dan juga udang. Untuk masalah rasa, Anda boleh membandingkan dengan restoran-restoran yang ada di kota-kota. Namun untuk masalah harga jelas lebih murah tentunya jadi Anda tidak  perlu khawatir.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !