Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya

Objek wisata Curug Ciparay adalah sebuah air terjun yang berada di Desa Parentas, Kec.Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Air terjun ini memiliki debit air yang lumayan besar dan sering disebut denga curug kembar karena memang memiliki dua buah curug yang saling berdekatan. Objek wisata air terjun ini  menjadi primadona tujuan wisata bagi masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya.

Curug pertama memiliki debit air yang sangat besar, sedangkan curug yang kedua debitnya lebih kecil. Curug Ciparay yang memiliki ketinggian sekitar 75 m dan 55 m. Curug ini berada di wilayah BKPH Singaparna dan KPH Tasikmalaya.

Keindahan Curug Ciparay
Obyek Wisata Curug Ciaray memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dinikmati. Sangat disayangkan apabila anda sedang berada di Kota Tasikmalaya, namun tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.  Dengan ketinggian sekitar 75 km dan dikelilingi oleh tebing-tebing hijau di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari, Anda dapat membayangkan keindahannya.
Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya
Seperti pada objek wisata alam yang berupa air terjun, Curug Ciparay juga memiliki beberapa keindahan. Di objek wisata ini Anda bisa bebas menikmati berbagai keindahan alam yang masih segar. Ketika Anda melanjutkn perjalanan ke aliran curugnya, siap-siap saja pakaian yang anda pakai basah kuyup karena terkena aliran curug yang sangat deras. Disarankan bagi Anda yang ingin mendekat ke curug untuk membawa pakain cadangan.

Bagi Anda yang ingin berenang silahkan saja, karena tempat ini aman untuk melakukan kegiatan renang. Namun Anda harus tetap mengutamakan keamanan untuk diri Anda sendiri. Airnya yang bersih dan segar dapat menyegarkan tubuh kembali setelah perjalanan panjang menuju ke objek wisata ini.

Bagi Anda yang senang camping dapat dilakukan di sekitar curug. Kebetulan di atas gunung dekat dengan tempat parkir bisa dimanfaatkan untuk berkemah bersama keluarga dan teman-teman. Namun, jangan lupa biasakan buang sampah pada tempatnya agar kelestarian dan kenyamanan lingkungan tetap terjaga oleh kita semua.

Rute ke Curug Ciparay
Untuk menuju lokasi curug ini Anda akan dihadapkan pada kondisi jalan berbatu, dan naik-turun. Belum lagi tanah merah yang licin, dan sangat becek ketika habis hujan. Perlu stamina yang kuat agar bisa tiba di lokasi. Namun, semua perjuangan Anda akan segera terbayar ketika sampai di lokasi curug.

Curug Ciparay berjarak 40 km dari arah kota Garut atau 30 km dari Tasikmalaya ke arah Singaparna.  Jika Anda datang dari arah kota Singaparna berjarak sekitar 25 atau 6 km dari kecamatan Sariwangi.  Kondisi jalan dari Sariwangi dan Singaparna sudah cukup bagus dan beraspal sehingga dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, hanya beberapa kilometer sekitar 19 km yang kondisinya kurang bagus.  Bagi yang membawa kendaraan pribadi roda empat disarankan untuk menggunakan jenis kendaraan double gardan karena medan yang akan dilalui cukup sulit.

Pintu masuk ke lokasi dari bunderan kota Singaparna (ada papan penunjuk) ke arah utara ke Gunung Galunggung.  Waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua hingga mencapai pintu masuk.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum tersedia juga angkutan umum berupa angkutan pedesaan berwarna kuning. Sayangnya hanya sampai ke daerah Cidugaleun atau 8,7 km dari Kampung Parentas.  Dari pemberhentian terakhir angdes ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek, dimana satu-satunya sarana transportasi yang ada  untuk menuju kesana, hingga tiba di pintu masuk.

Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 2 km (waktu tempuh berkisar 20-30 menit) melewati jalan setapak.  Kondisi jalan yang dilalui berupa bebatuan menurun dan cukup terjal.  Sebelum sampai ke lokasi curug terlebih dahulu melewati jembatan lapuk sepanjang 1,5 m.
Fasilitas dan Akomodasi
Adanya jalan setapak yang sudah rapi menuju air terjun.  Juga tersedia beberapa bangunan warung makan, mushola, dan tempat parkir.

Tiket dan Parkir
Harga tiket masuk adalah Rp 5.000 per orang. Catatan, harga tiket ini dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola objek wisata. Namun jika melihat harga tiket dan keindahan yang akan Anda dapatkan, saya sarankan untuk mengunjungi objek wisata ini.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !