Pantai Karang Tawulan Kalapagenep Cikalong Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini berjarak sekitar 90 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya. Jaraknya yang sangat jauh dan aksesnya yang masih terbatas membuat pantai ini seakan tidak terlacak radar wisatawan. Pantai yang berbatasan dengan Samudra Hindia ini ternyata menyimpan pesona tiada dua.

Pantai Karang Tawulan sebagai salah satu destinasi baru yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Tasikmalaya. Pantai ini memang kalah familir dengan pantai Cipatujah dan pantai Sindangkerta sudah, namun dalam hal keindahan pantai Karang Tawulan tidak kalah dari kedua pantai di atas..

Keindahan dan Keunikan Pantai Karang Tawulan
Pantai Karang Tawulan memang memiliki jarak lumayan jauh dengan akses terbatas. Karena pantai ini memang berada di perbatasan Tasikmalaya - Ciamis. Namun pantai ini mempunya tampilan yang bisa dikatakan berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Tasikmalaya. Pantai ini memiliki pesisir lebih landai dan ombak tak terlalu ganas. Sangat cocok sebagai tempat melepaskan kepenatan akibat aktifitas sehari-hari.
Pantai Karang Tawulan Kalapagenep Cikalong Tasikmalaya
Jika Anda singah di pantai ini ketika menjelang sore dan cuaca cerah, maka kawanan burung camar yang hendak pulang ke Nusa Manuk siap menyambut kedatangan Anda. Selepas pertunjukan menarik tersebut, Anda pun masih bisa dibuat terkagum-kagum oleh cantik dan memesonanya panorama matahari terbenam (sunset) yang sinarnya terpantul cantik di lepas Pantai Karang Tawulan.

Suasana alami dan sepi seakan menunjukkan bahwa pantai ini memang bukan umumnya kawasan wisata. Begitu Anda sampai di kawasan Pantai Karang Tawulan, sejauh mata memandang terlihat sejumlah karang menjulang diterpa gelombang laut selatan yang sedang menari, suara gelegar pun terdengar cukup menyeramkan.
Pantai ini memang eksotik dan alamiah, jika dibandingkan dengan objek wisata pantai Sindangbarang dan pantai Pamayangsari yang berkarang curam dan ombak besar. Pantai Karang Tawulan cenderung landai dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Sejumlah lokasi di pantai ini cukup aman dipergunakan untuk berenang.

Fasilitas dan Harga Tiket di Pantai Karang Tawulan
Seperti umumnya kawasan objek wisata pantai, Pantai Karang Tawulan juga menyediakan aneka makanan dengan ikan-ikan laut menu utama. Bahkan kalau sedang musimnya, ikan-ikan laut asal Pamayangsari, harganya dijamin sangat murah dibandingkan dengan objek wisata pantai mana pun.

Fasilitas lainnya di tempat wisata ini ini cukup lengkap. Terdapat toilet di area utama, warung-warung makan dengan harga yang ‘normal’, dan juga lapangan parkir yang cukup luas. Disamping itu terdapat gardu pandang dan beberapa gazebo di spot-spot yang strategis buat menikmati keindahan sekitar pantai.

Harga tiket masuk pantai Karang Tawulan terhitung sangat murah. Tiket masuk per orang Rp 3.500, dan Rp 2.500 untuk motor. Untuk kendaraan roda 4 tiket masuknya adalah Rp 10,000. Sangat murah jika dibandingkan dengan sensasi yang akan kita dapatkan di objek wisata yang satu ini. Sebagai catan harga tiket ini dapat berubah sesuai kebijakan pengelola objek wisata.

Untuk fasilitas penginapan di pantai ini memang belum ada. Tetapi terdapat beberapa penginapan kecil di sepanjang jalan jalur selatan yang tidak jauh dari lokasi. Namun anda bisa melakukan camping di area bagian atas. Area bagian atas pantai memang banyak digunakan sebagai tempat camping oleh pengunjung.

Akses Menuju Karang Tawulan
Pantai Karang Tawulan akan lebih mudah dijangkau jika Anda sudah berada di kawasan pantai Pangandaran. Dari pangandaran, letak pantai karang tawulan tidak terlalu jauh. hanya kurang lebih 1,5 jam perjalanan saja sudah bisa sampai. Letak lokasi pantai ini tidak jauh dari gerbang perbatasan Ciamis – Tasikmalaya.

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan dari Bandung:
  1. Rute Bandung –  Tasikmalaya – Singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  2. Rute Bandung – Garut – Jalan singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  3. Rute Bandung – Garut – Pameungpeuk – Cipatujah – Karang tawulan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan berikan komentar Anda !