Keindahan Objek Wisata Kawah Galunggung

Obyek Wisata Gunung Galunggung salah satu tempat wisata yang berada di Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat . Gunung Galunggung sendiri memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Untuk mencapai puncak Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Di wilayah ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Objek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

Keunikan Objek Wisata Gunung Galunggung
Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan salah satu  tempat wisata yang ramai wisatawan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Seperti objek wisata sejenis tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat memang sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda.  Keindahan Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangatlah menarik untuk dinikmati.

Selain itu keindahan pemandangan alam Gunung Galunggung, anda juga akan disajikan dengan kawah gunung yang sangat eksotis, anda juga akan disambut dengan berbagai pepohonan besar. Selain itu, anda juga akan disambut dengan udara yang sangat segar. Jika anda termasuk orang yang sangat suka dengan dunia photografi, anda bisa menjadi mengunjungi tempat ini untuk mengambil foto-foto ditempat yang indah.
Kawah Galunggung
Objek wisata alam ini memiliki dua lokasi menarik yaitu Kawah Galunggung yangg memiliki danau hijau yang cantik serta pemandian air panas Galunggung. Bagi Anda yang ingin ke Kawah Gunung Galunggung ada dua jalur yang dapat dilalui.

Pertama adalah jalur yang sering dilalui wisatawan dan yang kedua melalui terowongan pembuangan air. Jalur yang biasa dilalui wisatawan adalah jalur yang lurus dari tempat tiket masuk kawah. Bagi Anda yang ingin menuju kawah wisata harus naik tangga dengan jumlah 620 anak tangga.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jalur pembuangan air, dari tiket masuk kawah belok ke arah kiri. Pemandangannya lebih indah jika Anda melalui jalur yang satu ini. Selain itu ada juga prasasti pembuangan air.
Bagi Anda yang ingin ke pemandian air panas, dapat menikmati air panas alami yang mengalir di sungai dan di kolam. Di sini juga disediakan kolam untuk dewasa dan anak-anak. Kolam untuk anak berkedalaman 0,7 meter dan kolam dewasa 1,25 meter.

Selain kolam renang air panas terdapat juga kamar rendam air panas yang lebih privat. Tarif kamar rendam ini adalah Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 anak-anak. Sebagai catatan tarif tersebut dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola objek Wisata.

Akses Menuju Lokasi
Objek wisata yang satu ini tergolong mudah untuk dijangkau. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan anda juga harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai ke tempat tersebut.

Sebenarnya banyak rute yang bisa di lalui menuju obyek wisata Galungung dari arah Bandung, seperti dari arah Singaparna. Namun banyak yang merekomendasikan melalui jalur Rajapolah-Cisayong, sebab kondisi jalanan lebih bagus dan tidak banyak cabang.

Terdapat tiga alternatif menuju objek wisata Gunung Galunggung. Alternatif pertama dari arah Kota Tasikmalaya yaitu dari Indihiang menuju ke Sukaratu kemudian lurus mangikuti jalur wisata. Alternatif kedua dari perempatan pesantren Cipasung belok ke kanan, lurus dan ada perempatan JB belok kiri. Alternatif ketiga dari perempatan Pagendingan, Cisayong belok kanan, lalu lurus sampai bertemu pertigaan JB, belok kiri dan lurus lagi hingga menuju perempatan JB, belok kanan.

Atau Anda juga dapat mengakses lokasi dengan menggunakan angkot berwarna hijau jurusan Sukaratu atau ojek yang berada di terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya untuk diantar sampai ke gerbang pintu masuk wisata Gunung Galunggung.

Fasilitas
Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat  ini merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan seperti objek wisata yang lainnya. Beberapa fasilitas yang ada di antaranya adalah sebagai berikut :